Levi
(2002) menyatakan adanya perbedaan antara kelompok dan tim. kelompok memiliki
pemimpin yang berkuasa penuh, tanggung jawab secara individual, tujuan
diidentikan sebagai tujuan kelompok dan organisasi. Sedangkan pada tim adanya
perputaran peran pemimpin, tanggung jawab secara individu dan bersama, memiliki
visi dan tujuan tim yang spesifik, adanya pemberian umpan balik, diskusi
tertutup dan terbuka dan memecahkan masalah secara bersama-sama. Dan dalam mind
map organisasi yaitu komunikasi yang terjalin antara individu dengan adanya
teknologi dan sistem yang memiliki tujuan yang ingin dicapai bersama.
Ø Organisasi
Organisasi
(industri), Kast &Rosenzweig,1974
1.
dipandang
sebagai suatu sistem yang terbuka.
2.
Satu
sistem sosio-teknikal.
3.
Harus
selalu bersama-sama diperhatikan namun dalam banyak keadaan kita dapat
mempelajari.
4.
organisasi
sebagai satu sistem sosial saja.
5.
Organisasi
terdiri dari kelompok-kelompok manusia yang saling berinteraksi.
6.
Setiap
kelompok manusia kecil terdiri dari kelompok manusia yang lebih kecil sehingga
kita jumpai kelompok manusia yang terdiri dari sejumlah manusia sebagai tenaga
kerja yang merupakan komponen analisis yang terkecil.
Ø Grup/Kelompok
Sebuah grup terdiri dari 2 atau lebih individu yang
menujukan tugas tugas secara organisasi berkaitan dan saling ketergantungan,
berbagi satu atau lebih tujuan yang sama dan melakukan interaksi sosial.
Kekuatan grup terletak pada kesungguhan anggota untuk mengikuti arahan dari
pemimpin (Kozlowski dan Bell (2003).
1.
Orang
Di dalam sebuah grup pasti di dalamnya terdapat sekelompok
orang yang sudah terstruktur untuk menjalankan sebuah tujuan yang dicapai
2.
Tujuan
Dalam sebuah tim kekuatan grup terletak pada kesungguhan
anggota untuk mengikuti arahan dari pemimpin sehingga dalam grup anggota
anggota harus mempunyai presepsi yang sama untuk mendapatkan tujuan yang sama
3.
Perilaku pemimpin
Pemimpin dalam sebuah adalah sesuatu yang sangat penting,
pemimpin juga harus bisa menjadi orang yang bijaksana disamping tegas dan
jujur. Prilaku pemimpin yang mempunyai power kuat dalam dirinya dapat
mempengaruhi anggota anggota lain untuk dapat mencapai goal yang akan dicapai.
Tim
Tim
adalah sebuah kelompok kerja lengkap atau satu tujuan kerja yang para
anggotanya paling sedikit memiliki satu tujuan kerja sama dari seluruh
anggotanya. (Wayne,2001).
Faktor-faktor
yang mendasari perlunya dibentuk tim-tim tertentu dalam suatu perusahaan adalah
(tjiptono dan Diana, 2001:165-166) ;
o
Pemikiran
dari 2 orang atau lebih cenderung lebih baik daripada pemikiran satu orang
saja.
o
Konsep
sinergi (1+1>2), yaitu bahwa hasil keseluruhan (tim) jauh lebih baik daripada
jumlah bagiannya (anggota individual).
o
Anggota
tim dapat saling mengenal dan saling percaya, sehingga mereka dapat saling
membantu.
o
Kerja
sama tim dapat menyebabkan komunikasi terbina dengan baik.
Sumber
:
Bachroni,
M (2011). Pelatihan Pembentukan Tim untuk Meningkatkan Kohesivitas Tim pada
Kopertis V Yogyakarta. Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Munandar,
A.S. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi, Jakarta: Penertbit
Universitas Indonesia (UI Press).
Poernomo,
E., & Timur, A. B. U. V. J. (2006). Pengaruh Kreativitas Dan Kerjasama Tim
Terhadap Kinerja Manajer Pada PT. Jesslyn K Cakes Indonesia Cabang Surabaya. Jurnal
Ilmu-Ilmu Ekonomi, 6(2), 102-108.
0 komentar:
Posting Komentar