android


Mengapa Android selalu kalah dari iOS dalam hal aplikasi ?

Android memang bisa dibilang mampu mengungguli iOS dalam banyak hal. Namun, dalam sisi ketersediaan aplikasi, nampaknya Android masih kalah ketimbang iOS.

Seperti yang dilansir oleh The Tech Face (22/1), dalam beberapa tahun terakhir ini, jumlah aplikasi di IOS memang berbanding lurus dengan yang ada di Android. Namun, kebanyakan dari aplikasi tersebut terlebih dahulu muncul di iOS ketimbang Android dulu.

Ada beberapa penyebab mengapa para pengembang aplikasi seakan 'menganaktirikan' Android ketimbang iOS. Berikut adalah tiga alasan tersebut:

1. Terlalu besarnya segmen pasar Android

Banyaknya perangkat pintar yang memakai platform Android ternyata membawa masalah tersendiri bagi para pengembang aplikasi.

Hal ini dikarenakan tidak adanya standar baku yang mengatur berapa besarnya layar, spesifikasi hardware, dan versi Androidnya. Inilah yang menyebabkan para pengembang seakan kesulitan untuk menentukan resolusi terbaik dan performa optimal dari aplikasi mereka.

Hal berbeda justru ditunjukkan oleh iOS. Karena hanya ada di produk-produk Apple saja, seperti iPhone dan iPad, para pengembang merasa sangat terbantu dalam mengembangkan aplikasinya agar dapat berjalan dengan baik di iOS. Hal tersebut dikarenakan perangkat iOS yang itu-itu saja.

2. Pangsa Pasar

Android memang memiliki pasar yang lebih luas dari iOS. Namun, ternyata iOS masih mampu memegang mind share atau pola pikir publik.

Jika sebuah game eksklusif dikeluarkan, pikiran publik pun segera tertuju kepada iOS. Hal ini dikarenakan kebanyakan perangkat Android tidak memiliki paket penjualan yang jelas.

3. Pembayaran Aplikasi

Studi menunjukkan bahwa pengguna iOS lebih banyak membeli aplikasi berbayar daripada yang gratisan. Hal ini sangat kontras jika dibandingkan dengan pengguna Android.

Karena prospek penghasilan yang jelas itulah, para pengembang akhirnya lebih memilih iOS. Jika peminatnya sudah cukup banyak, barulah mereka juga melakukan ekspansi ke Android.

Inilah yang menyebabkan mengapa aplikasi bagus seringkali muncul lebih dulu di iOS. Baru setelah beberapa bulan berikutnya versi Androidnya muncul.

Penulis : tia rahayu ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel android ini dipublish oleh tia rahayu pada hari Rabu, 27 Februari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan android
 

0 komentar:

Posting Komentar